Categories
Agama

Niat Untuk Berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan

Niat Untuk Berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan

Assalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh? Apakah kalian sudah hafal Niat Untuk berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan? Bulan Ramadhan 1441 H/ 2020 M yang akan datang tentunya menjadi bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Islam diseluruh dunia. Betapa tidak bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah dan rahmat berlimpah dari Allah SWT.

Pada bulan tersebut umat Islam beramai ramai melaksanakan perintah Allah SWT yang terdapat pada rukun Islam yang ke 4 tersebut. Dengan niat untuk kebaikan tentunya hal ini akan sangat menyenangkan untuk dilakukan. Yang pastinya dalam hal mempererat tali silaturahmi dengan bertarawih bersama sama.

Dengan berpuasa selama 30 hari penuh, maka insya Allah kita akan mendapatkan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan dan keimanan kita semua. Aktifitas berpuasa ini wajib untuk semua umat Muslim didunia.

Dengan melaksanakan puasa bulan ramadhan, insya Allah kita semua sebagai umat muslim dapat meningkatkan level ketaqwaan kita kepada Allah SWT tuhan semesta alam. Sebagaimana telah diperintahkan oleh Allah SWT.

Dalam firman-NYA, sebagai berikut :

Dengan begitu hendaknya kita sebagai umat Islam yang baik senantiasa bertaqwa kepada Allah semata. Yang dimaksud dengan taqwa ialah bagaimana kita sebagai hamba hanya patuh kepada semua perintah Allah SWT dan menjauhi larangan larangannya.

Selama kita berpuasa dalam kurun waktu 30 hari penuh, maka kita harus menahan haus dan lapar serta mengendalikan hawa nafsu. Saat berpuasa kita juga diwajibkan untuk berbuka dan makan sahur, tentu saja untuk kedua waktu ini kita wajib membaca niat.

Kami yakin sekali jika kalian semua sudah banyak yang mengetahui bahkan sangat hafal tentang niat saat akan berbuka puasa pada sore hari. Karena selain ini sengaja untuk dihafal bahkan kalian juga sering menyimaknya di media televisi atau juga media sosial dan banyak lagi.

Namun pakah kalian juga mengetahui bahwa niat atau bacaan menjelang berbuka puasa itu ada berbagai macam versi. Meski begitu tujuan nya tetaplah sama yaitu mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Untuk mengetahui apa saja doa atau niat menjelang berbuka puasa pada bulan ramadhan, silahkan kalian simak penjelasannya sebagai berikut ;

Niat Berbuka Puasa Yang Pertama

Seperti telah kami terangkan diatas tadi bahwa dengan doa yang pertama ini. berikut doanya :

BISMILLAHIROHMANIROHIM,

Menurut keterangannya doa menjelang berbuka puasa versi pertama ini adalah doa yang dirumuskan oleh para ulama. Itu artinya doa versi ini bukan diambil atau dirujuk dari doa yang termasuk dalam hadist Nabi SAW.

Namun doa ini adalah doa yang paling umum digunakan untuk mengawali buka puasa disaat bulan ramadhan. Selain doa ini sengaja untuk dihafal, doa ini juga paling umum ditemukan dan dipelajari terutama oleh anak anak.

Bagaimanakah bacan doa berbuka puasa untuk versi yang kedua? Untuk lebih jelasnya kalian boleh menyimak doanya berikut ini :

Niat Berbuka Puasa Yang Kedua

Niat yang kedua ini juga dimaksudkan untuk mengawali berbuka puasa dibulan ramadhan. Simak bacaan doa nya dibawah ini :

BISMILLAHIROHMANIROHIM,

Untuk versi yang kedua ini diketahui bahwa bacaan doa  atau niat untuk berbuka puasa ini diambil dari hadist Nabi SAW. Memang untuk versi kali ini bacaan niat berbuku puasa ini jarang didengar atau diucapkan. Tetapi tetap memiliki tujuan sama yaitu ucapan rasa syukur kepada Allah SWT.

Doa versi yang kedua ini juga bisa digunakan saat kalian akan melaksanakan berbuka puasa. Sementara itu bagaimanakah niat atau doa untuk berbuka puasa yang ketiga? Lihat uraiannya berikut:

Niat Berbuka Puasa Yang Ketiga

Seperti halnya niat versi yang pertama dan  yang kedua diatas. Doa berikut juga dimaksudkan untuk mengawali berbuka puasa ramadhan, simak doanya :

BISMILLAHIROHMANIROHIM,

Ini adalah doa untuk berbuka puasa versi yang ketiga yang juga dapat digunakan untuk mengiring berbuka puasa disore hari saat waktunya tiba. Kalian juga dapat menghafal doa ini jika kalian menginginkan. Kemudian bagaimanakah niat berbuka puasa untuk versi yang keempat? Simak bacaannya berikut :

Niat Berbuka Puasa Yang Keempat

Untuk doa berbuka puasa versi yang keempat adalah sebagai berikut :

BISMILLAHIROHMANIROHIM,

Diketahui bahwa versi yang keempat ini adalah doa untuk berbuka pasa yang mempunyai riwayat yang shahih. Doa ini diriwayatkan oleh Ibnu Umar Ra bahwa ketika Rosulullah SAW saat ingin berbuka puasa maka beliau mengucapkan doa ini.

Demikianlah tadi keempat versi mengenai Niat Untuk berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan. Sementara kalian sudah hafal dengan doa versi yang pertama, namun tidak ada salahnya jika kalian juga dapat menghafalkan doa dnegan versi yang kedua sampai yang keempat. Kami berharap agar bulan Ramdahan yang akan datang yaitu 1441 H / 2020 M bisa kita lalui dengan lancar dan penuh keberkahan dan rizqi yang melimpah dari Allah SWT, amin. Terus ikuti artikel kami yang lain dengan berbagai topik pembahasan yang tentu saja menarik untuk kalian simak. Semoga ini dapat bermanfaat dan selamat membaca kembali. Wassalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh?